Minggu, 27 November 2016

Jenis-jenis karangan dalam Bahasa Indonesia


JENIS JENIS KARANGAN

1. KARANGAN DESKRIPSI
Deskripsi diambil dari Bahasa Inggris description yang tentu saja berhubungan dengan kata kerja to describe (melukiskan dengan bahasa).  Uraian tadi mangandung pengertian bahwa karangan deskripsi merupakan karangan yang lebuh menonjolkan aspek pelukisan sebuaah venda sebagaimana adanya.
Penggambaran sesuatu dalam karangan deskripsi memerlukan kecermatan pengamatan dan ketelitian. Hasil pengamatan itu kemudian dituangkan oleh penulis menggunakan kata kata yang kaya akan nuansa bentuk.

2. KARANGAN NARASI
Istilah narasi berasal dari narration yang artinya bercerita. Karangan narasi adalah suatu bentuk yang berusaha menciptakan, mengisahkan, merangkaikan tindak-tanduk perbuatan manusia dalam sebuah peristiwa secara kronologis atau yang berlangsung dalam suatu kesatuan waktu.
Dari segi sifatnya narasi dapat dibedakan atas 2 macam: (1)Narasi eksopitoris/narasi faktual, dan (2) Narasi sugestif/narasi berplot.  Narasi ekspositoris ialah narasi yang hanya bertujuan untuk memberi informasi kepada pembaca agar pengetahuannya bertambah luas.  Sedangkan narasi yang mampu mentampaikan makna kepada pembaca melalui daya khayal, disebut narasi  sugestif.

3. KARANGAN EKSPOSISI
Kata eksposissi diambil dari Bahasa Inggris exposition sebenarnya berasal dari kata Latin yang berarti ‘membuka atau memulai’. Memang larangan eksposisi merupakan wacana yang bertujuan untuk memberi tahu, mengupas, menguraikan atau meemerangkan sesuatu.
Dalam karangan eksposisi, masalah yang dikomunikasikan terutama adalah pemberitahuan atau informasi. Hasil karangan eksposisi yang berupa informasi dapat kita baca sehari-hari di dalam media massa.

4. KARANGAN ARGUMENTASI
Tujuan utama karangan argumentasi adalah untuk meyakinkan pembaca agar menerima atau mengambil suatu doktrin, sikap, dan tingkah laku tertentu. Syarat utama untuk menulis karangan argumenyasi adalah penulisnya harus terampil dalam bernalar dan menyusun ide yang logis.
Karangan argumentasi memiliki ciri-ciri:
1) Mengemukakan alasan atau bantahan sedemikian rupa dengan tujuan mempengaruhi keyakinan pembaca agar menyetujuinya.
2) Mengusahakan pemecahan suatu masalah dan
3) Mendiskusikan suatu persoalanbtanpa perlu mencapai satu penyelesaian.


5. KARANGAN PERSUASI
Dalam Bahasa Inggris kata to persuade berarti ‘membujuk’ atau ‘meyakinkan’. Bentuk nominanya adalah persuation yang kemudian menjadi kata pungut bahasa Indonesia: persuasi.
Karangan persuasi adalah karangan yangbbertujuan membuat pembaca percaya, yakin dan terbujuk akan hal-hal yang dikomunikasikan yang berupa fakta, suatu pendirian umum, suatu gagasan atau perasaan seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar