Selasa, 27 Desember 2016

4 cara yang membuatmu memenangkan kompetisi di dunia kerja

INGIN MEMENANGKAN PERSAINGAN DI DUNIA KERJA? MILIKI 4 KOMPETENSI INI!

Layaknya mendaki gunung, menggapai karier di dunia kerja selalu penuh tantangan, godaan, masalah, bahkan sesekali dapat membuat terpeleset jatuh. Untuk sukses memenangkan persaingan, kamu wajib miliki 4 kompetensi ini. Apa saja?

Persaingan di dunia kerja kian lama kian ketat. Saat ini kian banyak sumber daya manusia yang pandai-pandai, kreatif dan potensial. Karenanya, untuk bisa dipercaya mengemban tanggung jawab lebih besar, kamu harus selalu menunjukkan prestasi terbaik.

Untuk mampu menunjukkan kinerja kerja yang baik, kamu harus terus mengasah dan mengembangkan diri dengan meningkatkan empat kompetensi atau kemampuan. Apa saja?  Yuk simak uraiannya.

1. Kemampuan berkomunikasi

Mampu memaparkan secara jelas dan lugas apa yang kamu inginkan, apa yang kamu butuhkan dan apa yang ingin diraih akan membawa kamu menjadi yang terdepan di dalam berkarier.

Untuk itu, perkuat selalu kemampuan dalam menerjemahkan pemikiran, gagasan dan ide kreatif yang kamu punya ke dalam untaian kata dan tulisan secara baik. detil dan sistematis.

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan komunikasimu adalah dengan rajin membaca. Kamu bisa  googling dan membaca ratusan artikel dan kamu juga bisa membaca surat kabar untuk selalu up to date informasi dan berita. Semakin banyak buku yang kita baca akan mempengaruhi pembicaraan kita di depan umum.

2. Melek teknologi

Saat ini teknologi terus berkembang pesat, hampir semua industri mengandalkan komputer ataupun gadget agar bisnis dapat berjalan lancar.

Untuk itu, setiap pekerja harus paham betul cara mengoperasikan komputer. Pemahaman komputer tersebut bukan hanya sekadar untuk log in ke sosial media seperti facebook atau twitter saja, tapi lebih mendalam, guna mendukung kebutuhan bidang kerja yang ditekuni. Apalagi zaman sekarang zaman serba canggih. Ga ada alasan kalau kita tidak ‘melek’ teknologi terutama bagi pekerja kantoran atau instansi semacamnya. Kita dituntut serba cepat atau bahasa kerennya ‘mobile’. Maka dari itu manfaatkan teknologi yang ada di sekitar kita dengan baik dan benar. Kalau cuma digunakan untuk hal-hal yang tidak berguna kita ga bakalan dapat apa-apa dan sia-sia.

3. Kepemimpinan dan kemampuan beradaptasi

Kepemimpinan dan kemampuan beradaptasi adalah dua hal yang saling berkaitan untuk kesuksesanmu dalam berkarier.

Kemampuan memimpin tim atau rekan kerja serta fleksibel dalam menghadapi berbagai kondisi serta situasi kerja, adalah kompetensi yang sangat dibutuhkan bagi kemajuan bisnis perusahaan. Miliki dan perkuat terus kompetensi kamu di dua bidang ini, niscaya karier kamu meroket.

4. Kemampuan melayani klien

Mengerti kebutuhan dan bisnis klien. Menjaga hubungan baik serta mendukung sukses mereka, merupakan elemen utama dalam kemajuan bisnis.

Jika kamu memiliki kompetensi ini, tentu akan memberi kemudahan dan kesuksesan dalam meraih jenjang tinggi di karier kamu.

Untuk itu, kembangkan terus networking dan asah kemampuan mendengar dan semangat melayanimu. Tunjukkan kamu mampu bekerjasama dengan efektif serta memiliki profesionalisme tinggi dan mampu memberi solusi “win-win” dalam tiap persoalan.


Sumber : hitsss.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar