Selasa, 27 Desember 2016

BANYAK MENGELUH TANDA LEMAHNYA KEIMANAN

Siapa yang suka mengeluh? Hayo ngaku..
kalau ditanya gitu pasti pada cengar cengir gak jelas. Hehehe cuma bercanda doang kok. Saya juga merasa masih suka mengeluh bahkan sering. Mengeluh merupakan kegiatan negatif yang dapat berakibat buruk terhafap kesehatan. Apa hubungannya mengeluh dengan kesehatan? Berikut penjelasannya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Biologi dan Psikologi Klinis di Universitas Friedrich Schiller di Jerman mengungkapkan bahwa jika kita berada bersama dengan orang-orang berperilaku negatif atau orang-orang yang suka mengeluh terus-menerus, menyebabkan otak kita juga memiliki reaksi emosional yang sama yang akan kita alami ketika berada dalam kondisi stres. Jika mengeluh membangkitkan respons pada otak seperti stres, hal ini jelas tidak baik untuk kesehatan kita.

Kadang-kadang, kita menggunakan keluhan sebagai permulaan percakapan. Percakapan yang dimulai dengan keluhan sering memiliki efek domino. Mengeluh bisa menular. Hal itu dapat menyebabkan pendengar untuk memasukkan keluhan nya dalam percakapan juga.

Asy Syeikh Muhammad Bin Sholih Al Utsaimin rohimahullah:

Tetapi orang kafir atau orang yang lemah imannya apabila menimpanya satu musibah dia akan marah dan berkeluh kesah, dia menganggap Allah sedang mendzoliminya wal iyadzu billah.

Bahkan sebagian mereka melakukan bunuh diri dan tidak bersabar, tidak tenang, bahkan dia terus berkeluh kesah, dia melihat bahwa dirinya memiliki sedikit harta, sedikit keluraga, tidak memiliki istri, tidak ada orang yang yang bisa melindunginya, sehingga dia mengatakan: aku ini tidak sedang diatas kenikmatan, karena si fulan punya harta, punya istri istri, punya anak anak, punya kabilah yang bisa menjaganya, sedangkan aku tidak memiliki apa apa, dia tidak melihat nikmat Allah pada dirinya, karena lemahnya keimanan sehingga dia tidak bisa merasa tenang selalu dalam kedaan gelisah dan susah.

Tafsir Juz Amma 210

Sekian pembahasan singkat tentang mengeluh. Apabila ada salah dalam penulisan maupun penyampaian informasi mohon dimaafkan.
.
✍🏻🎨 @debbiepisga 👩🏻‍💻


Tidak ada komentar:

Posting Komentar