Kamis, 29 Desember 2016

Daun Mangkokan yang kaya akan manfaat


Daun Mangkokan? Asing ga sih dengernya. Ga penting mau asing atau enggak yang penting saya suka dengan daun ini. Awalnya saya dikasih tau oleh mama kalau pucuk daun mangkokan ini enak untuk dijadikan lalapan dan hasilnya saya ketagihan. Saya dan keluarga biasa menyebutnya “daun pagar” karena daun ini tumbuh melekat di sekitar pagar. Kebetulan saya baca artikel di google dan menemukan manfaat dri daun mangkokan ini . Mari simak manfaatnya di bawah ini.


1. Menyuburkan Rambut/ Mencegah Kerontokan
Bagi anda yang punya masalah dengan rambut rontok, cobalah memakai ramuan ini, Ambil beberapa daun mangkokan yang sudah tua tapi masih segar. Setelah dicuci, haluskan dan campur dengan minyak kelapa hingga rata. Lalu saring dan peras, nah hasil perasan itulah yang bisa dioleskan ke kulit kepala sambil dipijat dan biarkan hingga mengering, setelah itu cuci bersih. Lakukan hal tersebut secara rutin agar rambut tidak mudah rontok dan tentu saja rambut anda menjadi subur.
Untuk memanfaatkan daun mangkokan sebagai treatment perawatan dan penumbuh rambut cukup mudah. Yaitu ambil 10 hingga 15 lembar daun mangkokan lalu cuci bersih, setelah itu tumbuk sampai halus atau blender. Setelah halus kemudian campurkan dengan segelas air masak lalu saring, kemudian gunakan air saringan tersebut untuk memijat seluruh rambut dan kulit kepala selama kurang lebih 10 menit. Setelah dirasa meresap dan agak kering, bilaslah dengan air bersih dan menggunakan shampo.

2. Menyembuhkan Luka
Untuk menyembuhkan luka caranya mudah, yaitu haluskan daun mangkokan yang masih segar, setelah itu baru oleskan pada luka dan balut agar lebih meresap. Lakukan hal itu hingga lukanya sembuh.

3. Menyembuhkan Radang Payudara
Radang payudara biasanya terjadi pada ibu yang menyusui, dan itu akan sangat menyiksa karena sekujur tubuh rasanya seperti demam dan sangat mengganggu aktivitas para ibu. Untuk itu cara mengatasinya adalah ambil beberapa daun mangkokan tua yang masih segar, cuci bersih lalu diremas-remas kemudian campur dengan minyak kelapa dan kunyit yang sudah diparut, lalu panaskan dengan api sebentar. Setelah hangat-hangat kuku lalu oleskan pada bagian payudara yang ,bengkak. Lakukan hal itu secara rutin hingga radang payudara anda sembuh.

4. Melancarkan Buang Air Kecil
Daun mangkokan bisa juga untuk melancarkan buang air kecil, caranya rendam daun mangkokan dengan air panas. Diamkan sebentar hingga hangat kemidian kompreskan pada perut bagian bawah.
Itulah beberapa manfaat dan khasiat daun mangkokan bagi kesehatan, bagaimana apakah anda tertarik untuk mencobanya sebagai alternatif pengobatan penyakit yang mungkin anda alami. Karena bagaimanapun pengobatan secara herbal tentu lebih baik dari pengobatan lainnya, selain itu tidak menguras kantong karena tidak perlu biaya yang mahal.
Gak nyangka ya ternyata daun yang biasa ditemukan di sekitar pagar ternyata bawa banyak manfaat. Setelah saya baca artikel ini saya jadi ingin membiasakan makan daun mangkokan alias daun pagar dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi daun ini banyak ditemukan di daerah saya dan di sekitar rumah.

Saya sengaja share artikel ini dengan tujuan untuk tik pilih-pilih soal makanan apalagi sayuran. Biarpun kelihatan nya aneh atau gak elit tapi kalau memang banyak manfaat, why not?
Semoga Bermanfaat ☺

Source: khasiatmanfaat.com






Tidak ada komentar:

Posting Komentar