Senin, 26 Desember 2016

Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Lulus Kuliah



Pencapaian tertinggi mahasiswa tentu didapatkan ketika dia sudah dinyatakan lulus dan bisa menyandang gelar di belakang nama. Perjuangan panjang mendengarkan dosen di kelas, mengambil inti dari kuliah lalu buru-buru mencatatnya sebelum lupa, melawan rasa malas diri sendiri saat mengerjakan skripi akhirnya terbayang lunas.

Sayang tidak semua mahasiswa mampu memanfaatkan waktu kuliahnya sebaik mungkin. Setelah dinyatakan lulus dan diwisuda tidak jarang mereka justru bingung apa yang harus dilakukan untuk benar-benar memulai hidup.

Kali ini Kami akan memberikan hal-hal yang perlu kamu tahu sebelum lulus kuliah, agar lebih siap menghadapi kehidupan yang sebenarnya pasca lulus.

●Di Masa Kuliah, Kamu Harus Belajar Untuk Jadi Pemain Tim yang Handal

Sebelum lulus kuliah, kamu harus memastikan bahwa kamu sudah punya cukup bekal untuk jadi pemain tim yang baik di segala bidang. Berbagai pekerjaan yang tersedia didepan mata kebanyakan membutuhkan kerjasama tim. Kalau kamu egois, canggung dan mau menang sendiri maka akan sulit bagimu bertahan di dunia kerja.

Momen masih jadi mahasiswa memberikanmu kesempatan untuk melatih kemampuan bekerjasama dalam tim. Jangan pernah jadi free-rider. Berikan kemampuanmu sebaik mungkin dalam setiap tugas kelompok. Jadilah pendengar dan pemberi argumen yang baik dan rasional.

Dengan kemampuan kerjasama tim yang baik, kamu akan lebih diperhitungkan oleh berbagai perusahaan yang membuka kesempatan kerja.

● Yakinkan Hati Sebelum Memutuskan Mengambil Pendidikan Pasca Sarjana

Habis lulus langsung kuliah lagi? Tentu sah-sah saja, asal memang itu passion-mu. Mengambil pendidikan pasca sarjana pastinya akan bermanfaat. Ilmu apa sih yang tidak membawa manfaat bagi kehidupan? Hanya, jika kamu berharap bahwa pendidikan pasca sarjana akan membantu karirmu maka ada baiknya keinginanmu kamu pikirkan ulang.

Dalam artikel “Habis Lulus Kuliah, Mending Kerja Dulu Atau Langsung S2” Hipwee pernah memaparkan beberapa pendapat pakar yang mengatakan bahwa pendidikan pasca sarjana tidak akan serta merta membuat karir cemerlang. Pendidikan pasca sarjana akan lebih bermanfaat untuk mereka yang memang ingin meniti karir di bidang akademis atau sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya.

● Gaya Hidupmu Selepas Lulus Harus Disesuaikan Dengan Kemampuan

Lulus, bekerja, menghasilkan uang berarti setara dengan belajar hidup diatas kaki sendiri. Tidak jarang kamu akan terkaget-kaget menyadari betapa borosnya kamu selama ini memanfaatkan uang saku yang diberikan oleh orang tua. Ketika sudah pakai uang sendiri, kamu harus pintar-pintar mengatur anggaran agar tidak jebol ditengah bulan.

Bertahan di gaya hidup suka-suka nan hedon khas mahasiswa akan menghancurkan kondisi keuanganmu secara perlahan. Kamu mulai harus mengatur keuangan sesuai kemampuan dan pemasukanmu sendiri. Maka penting juga untuk tidak terlalu boros saat masih jadi mahasiswa, biar nggak kaget nantinya.

●Jumlah Temanmu Akan Makin Menyusut, Kamu Harus Benar-Benar Menjaga Mereka

Semasa kuliah kamu seakan tidak pernah kesepian. Selalu ada teman yang bisa diajak pergi dan menemani kemanapun. Selepas lulus, keadaannya akan berbeda. Kalian sudah sibuk dan fokus pada kehidupan masing-masing. Perbedaan gaya hidup dan penghasilan secara tidak sadar jadi jurang pemisah yang perlahan menjauhkan.

Kamu akan menjalin pertemanan baru yang sejalan dengan nilai dan gaya hidupmu, beberapa ikatan pertemanan dari masa kuliah juga masih bertahan. Kamu akan menyadari bahwa mereka inilah yang tetap berada di sisimu dalam segala situasi, mendampingi naik turunnya kehidupanmu.

Meluangkan waktu untuk bertemu dan memberikan perhatian di momen-momen penting mereka akhirnya jadi prioritas untukmu. Kamu menyadari bahwa tidak ada ikatan apapun yang akan bertahan bila tidak diusahakan.

●Skripsi Ternyata Bisa Dikerjakan Dengan Cepat….Asal Niat

Skripsi sering jadi momok bagi banyak mahasiswa. Tugas akhir ini menyita waktu dan pikiran, juga emosi. Skripsi seakan jadi patokan apakah kamu gagal atau tidak. Yang pasti mengerjakan skripsi bisa selesai dengan cepat asal mau kerja keras dan disertai dengan niat yang sungguh-sungguh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar