Sabtu, 17 Desember 2016

Jangan Salahkan Jilbabnya..


Assalamualaikum Wr. Wb

Jika engkau berjilbab,dan ada orang yang mempermasalahkan akhlakmu...
Jelaskan pada mereka bahwa antara akhlak dan jilbab itu dua hal yang berbeda.

Berjilbab adalah murni perintah Allah yang wajib dilaksanakan oleh wanita muslim,
yang telah baligh tanpa memandang akhlaknya baik atau buruk.

Allah ta’ala berfirman,
يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لأزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا
“Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu & isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah utk dikenal, karena itu mereka tak di ganggu. & Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59)

Sabda Rasulullah shallallahu ’alahi wassalam yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dari ’Aisyah:

”Hai Asmaa! Sesungguhnya perempuan itu apabila telah dewasa/sampai umur, maka tidak patut menampakkan sesuatu dari dirinya melainkan ini dan ini.” Rasulullah Shallahllahu ’alaihi wassalam berkata sambil menunjukkan muka dan kedua telapak tangan hingga pergelangan tangannya sendiri.Sedangkan akhlak adalah budi pekerti, yang tergantung pada pribadi masing- masing.


Masih sering nemuin  gak sih sis.. kalau kita ingatkan untuk berjilbab tapi malah ngomh gini, “jilbabin hati dulu sebelum jilbabin rambut” atau “belum siap nih.. masih banyak dosa.” Tapi afa yang lebih parah nih sis.. “Pake Jilbab tapi kelakuannya gitu, Munafik!” . Astagfirullah. (Jangan ditiru ya sis..?)

Alasan yang pertama dan kedua masih bisa diterima ya sis tapi sebenarnya kita bisa melalukan keduanya sekaligus yaitu dengan menjilbabkan rambut kita dan menjilbabkan hati kita. Menyelam sambil minum air.. yap! Itu peribahasa yang tepat. Jilbab juga bisa dijadikan pengingat ketika kita hebdak melakukan perbuatan maksiat. Yah.. walaupun belum total tapi kan bisa belajar pelan-pelan..
Jika engkau berjilbab dan ada yang mempermasalahkan akhlaqmu, katakan pada mereka bahwa "Antara jilbab dan akhlaq adalah 2 hal yang berbeda". Berjilbab adalah murni perintah Allah, wajib untuk wanita muslim yang telah baligh tanpa memandang akhlaqnya baik atau buruk, sedangkan akhlaq adalah budi pekerti yang tergantung pada pribadi masing-masing. Jika seorang wanita berjilbab melakukan dosa atau pelanggaran, itu bukan karena jilbabnya namun karena akhlaqnya. "Yang berjilbab belum tentu berakhlaq mulia, namun wanita yang berakhlaq mulia pasti berjilbab.” Dan jika seorang wanita berjilbab melakukan dosa/ pelanggaran,
itu bukan masalah jilbabnya namun akhlaknya..

Setuju ga sis...?

Wasslamualaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar