Kamis, 08 Desember 2016

Yuk Olahraga!


Menuai Manfaat dari berolahraga
Seperti yang kita taterdapat banyak manfaat yang kita ambil dari berolahraga. Bahkan Allah sebetulnya menyukai mukmin yang kuat. Oleh karena itu, olahraga itu perlu:
Dari Abu Hurairah r.a. katanya: “Rasulullah s.a.w. bersabda: “Orang mu’min yang kuat adalah lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada orang mu’min yang lemah.

Perlu kita ketahui bahwa Ajaran Islam ternyata begitu lengkap dan sempurna. Bahkan olahraga saja ternyata dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW seperti olahraga berenang, memanah, berlari, berkuda, bergulat, dan sebagainya. Jadi ummat Islam jangan malas berolahraga.
Tidak hanya baik untuk kesehatan, sebuah penelitian mengatakan bahwa seseorang yang sering berolahraga meemiliki sifat yang lebih ‘bebas’. Maksud bebas di sini ialah terbuk, aktif dan progresif. Orang sering berolahraga akan terlihat lebih ramah seperti tidak ada beban yang ditanggungnya. Lalu, apa penyebabnya kita malas berolahraga? Berikut beberapa penyebab malas untuk berolahraga:
1. Tidak mau merasakan sakit setelah berolahraga. Rasa pegal sehabos berolahraga timbul pada hari pertama dan kedua. Hal ini menimbulkan efek jera pada seseorang dan enggan melakukannya lagi.
2. Kurangnya kesadaran akan hidup sehat. Persepsi umum tentang berolahraga selalu dikaitkan dengan ‘ingin langsing’, ‘lagi diet’ dan ‘ingin tubuh berotot’. Padahal olahraga bukan hanya sekedar melangsingkan ataupun sekedar kebugaran tubuh tetapi kebutuhan. Apabila berolahraga sudah dijadikan kebutuhan maka kondisi tubuhnya lebih sehat, produktif dan aktif dibandingkan orang lainnya.
3. Merasa tidak ada waktu. Karenapekerjaan yang sibuk , luangkan sedikit waktu untuk melakukan ‘exercise’ kecil di tempat kerja. Berolahraga tidak selalu di gym atau tempat kebugaran lainnya . Contohnya adalah gunakan tangga dan lupakan elevator atau lift. Menggunakan tangga akan membuat anda lebih tangkas, fit dan dapat mengencangkan otot paha dan betis pada kaki.
4. Diet lebih baik. Banyak orng memilih diet untuk menjaga kesehatannya terutama pada kaum hawa. Sebenarnya hal ini hanya menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Padahal banyak Manfaat yangbdirasakan dari berolahraga (point ke-2).
5. Malas berkeringat. Beberapa dari kita da yang tidak suka mengeluarkan keringat. Menurut orang-orang ini, keringat adalah sesuatu yang menjijikan, bau dan kotor.

Setelah kita tau penyebab malasnya berolahraga apa yang harus kitablakukan? Menurut pengalaman saya, pilihlah olahraga yang sesuai dengan karakter dirimu. Untuk anda yang memiliki karakter pendiam pilihh jenisbolahraga yang tidak terlalu mengeluarkan energi seperti yoga . Untuk  berkarakter aktif tapi bosan dengan olahraga yang ‘itu-itu saja’ Zumba, aerobic dan body language mungkin cocok buat mu yang aktif dan cepat ‘bosanan’.
So, masih mau males olahraga? Gak Jaman deh..



Baca selengkapnya di: http://media-islam.or.id/2011/10/18/olahraga-menurut-islam/


http://www.cleo.co.id/helath-fitness/5-alasan-anda-malas-berolahraga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar