Senin, 12 Desember 2016

“Si bau” yang kaya akan manfaat


Siapa yang tak kenal petai? Makanan yang memiliki bau yang khas ini kerap menimbulkan kontrovesi. Selain baunya yang kurang sedap harganya pun terbilang mahal. Harga petaj bisa mencapai Rp. 4000/papan dan untuk per ikatnya bisa mencapai Rp. 100.000 setara dengan harga 1 kg daging, fantatstik bukan?

Eittssss! Tunggu dulu, walaupun mahal dan bau makanan ini kaya akan manfaat nya loh… ga percaya? Yuk kita lihat di bawah ini.

1. Meningkatkan Kemampuan Otak
Riset membuktikan bahwa kandungan kalium yang sangat tinggi membantu meningkatkan kinerja otak siswa/pelajar. Penelitian dilakukan pada 200 siswa Twickenham yang dengan mudah menghadapi soal ujian setelah diterapi dengan makan petai saat sarapan, saat jam istirahat dan saat jam makan siang.

2. Mengatasi Premenstrual Syndrome (PMS) saat Menstruasi
Biasanya seorang wanita yang sedang datang bulan atau menstruasi memiliki mood yang kurang bagus (bad mood). PMS ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi pete karena pete mengandung vitamin B6 yang memiliki manfaat untuk mengatur kadar gula darah dan memperbaiki mood.

3. Mencegah dan Mengobati Anemia
Fakta berikutnya yang tidak kalah penting adalah pete bisa untuk mencegah dan mengatasi anemia karena kandungan zat besi yang terdapat pada pete dalam jumlah yang tinggi mampu menstimulasi pembentukan sel darah merah sehingga mampu mengobati anemia.

4.Memperbaiki Pencernaan dan Mencegah Sembelit
Faktanya adalah pete mempunyai kandungan serat yang tinggi yang sangat bagus untuk membantu proses pencernaan dan mencegah sembelit. Kandungan serat yang tinggi ini juga bisa membantu untuk menurunkan berat badan karena bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama.


5. Mencegah Obesitas
Faktanya adalah sebuah penelitian yang dilakukan di Institute of Psychology Austria menemukan bahwa tekanan pada saat kerja menyebabkan orang sering meraih makanan yang menenangkan seperti coklat dan keripik. Dengan melihat kepada 5.000 pasien di rumah sakit , peneliti menemukan bahwa kebanyakan orang mejadi gemuk karena tekanan kerja yang tinggi. Laporan menyimpulkan bahwa , untuk menghindari nafsu memakan makanan karena panik , kita butuh mengendalikan kadar gula dalam darah dengan ngemil makanan tinggi karbohidrat setiap dua jam untuk mempertahankan kadarnya tetap. Dengan kandungan vitamin B6 nya, pete mampu mengatur kadar gula dalam darah dan bisa menghindarkan seseorang dari nafsu makan yang tinggi akibat ketidakstabilan kadar gula darah.

6. Menetralkan Asam Lambung dan Terapi untuk Luka Lambung
Faktanya, pete memiliki tekstur yang halus dan lembut sehingga sangat bagus untuk "merawat" pencernaan. Buah pete ini jika dimakan dalam keadaan mentah dapat menekan stress sehingga sangat baik untuk menjaga kestabilan asam lambung dan bisa mencegah iritasi pada lambung (luka lambung)

Catatan Pojok: Jangan berlebihan mengkonsumsi petai karena petai juga memiliki purin yang tinggi sehingga kurang baik bagi penderita asam urat dan rematik, untuk penderita sakit ginjal juga sebaiknya berhati-hati dengan petai ini. Setelah anda mengonsumsi petai biasakan banyak minum air putih karena air dapat menetralkan purin yang dihasilkan oleh petai dan jangan lupa setelah BAB maupun kencing ditempat umum untuk disiram sampai bersih, jangan tinggalkan jejak dengan baunya yang menyengat...he..he.

Silakan bagikan dan sebarkan artikel ini jika bermanfaat, terima kasih.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar