Minggu, 25 Desember 2016

Saling mendoakan itu perlu


Rasulullah mengajarkan agar sebagai muslim harus saling mendoakan. Doa seorang muslim untuk saudaranya sesama muslim akan diaminkan oleh malaikat dan malaikat pun mendoakan hal yang sama untuk yang berdoa.
حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ أَخْبَرَنَا النَّضْرُ بْنُ شُمَيْلٍ حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ سَرْوَانَ الْمُعَلِّمُ حَدَّثَنِي طَلْحَةُ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ كَرِيزٍ قَالَ حَدَّثَتْنِي أُمُّ الدَّرْدَاءِ قَالَتْ حَدَّثَنِي سَيِّدِي أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ دَعَا لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ آمِينَ وَلَكَ بِمِثْلٍ
“Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.” (HR. Muslim no. 4912)

Dalam riwayat lain dengan lafazh: “Doa seorang muslim untuk saudaranya (sesama muslim) tanpa diketahui olehnya adalah doa mustajabah. Di atas kepalanya (orang yang berdoa) ada malaikat yang telah diutus. Sehingga setiap kali dia mendoakan kebaikan untuk saudaranya, maka malaikat yang diutus tersebut akan mengucapkan, “Aamiin dan kamu juga akan mendapatkan seperti itu.” .

Mendoakan sesama muslim tanpa sepengatahuan orangnya termasuk dari sunnah hasanah yang telah diamalkan turun-temurun oleh para Nabi -alaihimushshalatu wassalam- dan juga orang-orang saleh yang mengikuti mereka. Mereka senang kalau kaum muslimin mendapatkan kebaikan, sehingga merekapun mendoakan saudaranya di dalam doa mereka tatkala mereka mendoakan diri mereka sendiri.
Dan ini di antara sebab terbesar tersebarnya kasih sayang dan kecintaan di antara kaum muslimin, serta menunjukkan kesempuraan iman mereka.

Bagaimana . . .  sudah terjawab kan, jadi jangan ditolak ataupun segan kalau ada orang yang meminta kita untuk mendoakannya. Dengan begitu marilah di antara doa – doa kita yang untuk diri kita sendiri, kita selingi dengan mendoakan saudara – saudara kita sesama umat muslim yang ada di dekat maupun yang berada di jauh tempat dengan ikhlas tanpa pamrih atau mengharapka  sesuatu, agar lebih mudah dikabulkan oleh Allah. InsyaAllah, Aamiin.

Source:
http://www.mutiarahadits.com/03/69/76/keutamaan-mendoakan-kaum-muslimin.htm
http://pikiran-nyata.blogspot.co.id/2014/01/mutiara-hadits-mendoakan-sesama-muslim.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar