Kamis, 22 Desember 2016

Sehat itu Mudah 😊



10 Cara Sederhana Menjalani Gaya Hidup Sehat

Setelah menjalankan gaya hidup sehat, anda pasti mendapati masa tua dengan kehidupan yang sangat sehat. Jika cara-cara hidup sehat diterapkan secara teratur sudah pasti akan berujung pada baiknya kualitas hidup dan kualitas kesehatan seseorang. Hanya saja cukup banyak orang mungkin sudah terbiasa dengan pola hidup yang serba praktis akibat dari tren gaya hidup sekarang. Sebagian besar masyarakat sekarang ini cenderung lebih menyukai gaya hidup serba praktis dan cepat sehingga seringnya mereka mengesampingkan kesehatan, baik kesehatan fisik maupun kesehatan psikologi. Sebenarnya hidup sehat itu tidaklah sulit, murah, dan mudah. Yuk kita intip tips nya!

Berikut 10 cara hidup sehat yang bisa anda praktekan dalam kehidupan sehari-hari :

1. Menghirup udara bersih
Sista tidak perlu berkunjung ke pedesaan, pegunungan, atau area-area hijau lainnya hanya untuk mendapatkan udara bersih. Ada cara mudah untuk dapat dengan bebas di pagi hari. Tinggal buka jendela rumah hirup udara paginya dalam-dalam dijamin pasti mersa lega dan segar, benar tidak? Udara bersih tersebut baik untuk organ pernafasan kita, dan oksigen yang kita hirup dapat membuat lebih fresh dan bersemangat dalam beraktivitas. Jaga kebersihan udara di rumah kita dengan rutin membersihkan kipas angin, AC dan perabot rumah dari debu. Selain itu, hindari terpapar asap kendaraan, rokok, asap polusi pabrik karena mengandung gas CO (karbon monoksida) yang dapat berkompetisi dengan oksigen dalam tubuh kita. Dalam jumlah banyak, kondisi tersebut dapat menurunkan konsentrasi pikiran dan mengganggu metabolisme tubuh, bahkan menyebabkan kematian.

2. Konsumsi air putih
Siapa yang males minum air putih? Hayoo.. ngaku deh..
Kelihatan nya sepele ya sis tapi minum air putih itu penting loh. Pada faktanya, 80% pada tubuh manusia mengandung air. Sis, simak penjelasan tentang pentingnya minum air putih yuk..
Meminum air putih adalah cara lain untuk hidup sehat dengan mudah. Air putih baik untuk tubuh, tanpa bahan pengawet, dan mengandung molekul-molekul netral yang sesuai dengan cairan tubuh. Air putih tidak mengandung glukosa yang dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Kadar gula dalam tubuh yang sangat tinggi dapat menyebabkan penyakit kencing manis. Minumlah air putih delapan hingga sepuluh gelas air perhari. Untuk Anda yang  sibuk beraktivitas atau berolahraga apalagi di tempat yang terik, jangan sampai kesibukan Anda melupakan Anda meminum air putih. Bila tubuh kekurangan cairan, tubuh akan mengalami dehidrasi serta proses pembuangan racun dan logam berat tubuh tidak lancar. Dengan memenuhi kebutuhan cairan, tentunya tubuh akan terasa lebih bugar untuk beraktivitas sehari-hari.

3. Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

Selain minum air putih, makanan sehat asupan tubuh kita juga penting untuk hidup sehat. Makanan sehat tidak harus mahal. Cukup dengan mengkonsumsi makanan rumah walaupun sederhana asalkan sesuai dengan kecukupan gizi dan diolah dengan higienis. Makanan dengan gizi yang cukup sehari-hari wajib mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Karbohidrat dan lemak berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh. Protein juga tidak kalah penting untuk menjaga fungsi enzim, sel-sel, dan senyawa dalam tubuh agar dapat bermetabolisme dengan optimal. Jangan lupa untuk mengkonsumsi serat. Serat dan air putih dapat membantu melancarkan pembuangan sisa-sisa makanan dan zat-zat berbahaya dari dalam tubuh. Saat makan, jangan berlebihan. Makanlah sesudah lapar dan berhenti sebelum kenyang. Jangan dibalik ya sis..

4. Hindari stress

Salah satu cara mudah untuk hidup sehat yaitu mengurangi stress dan memberi ruang bagi otak Anda. Anda yang mungkin terlalu sibuk dengan pekerjaan Anda lebih berisiko mengalami stress. Untuk meminimalisir dan bahkan mencegah stress, alihkan pikiran Anda dari aktifitas kantor atau pekerjaan dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan atau kegiatan yang ringan, seperti mengerjakan hobi, berlibur bersama sahabat atau keluarga, atau bahkan dengan melakukan hal-hal yang sederhana seperti bekerja sembari mendengarkan musik, merilekskan tubuh sesaat, dan lain sebagainya.

5. Lakukan aktifitas dengan seimbang

Imbangi aktifitas Anda dengan hal-hal yang positif. Jika anda bekerja jangan terlalu memaksakan tubuh kita untuk bekerja karena tubuh juga memerlukan istirahat dan relaksaasi. Waktu orang dewasa tidur seekitar 7-8 jam per hari. Tak lupa diimbangi dengan Olahrga yang teratur minimal 30 menit. Apabila dilakukan secara rutin akan terasa tubuh kita lebih sehat dan fit.

6. Minum Suplemen

Tidak ada salahnya untuk rutin minum suplemen asalkan tidak berlebihan. Suplemen yang anda beli berasal dari toko-toko obat atau apotik ternama dan sudah mendapatkan izin. Pastikan Suplemen yang akan dibeli sesuai dengan kondisi tubuh anda dan jangan lupa selalu mengecek tanggal kadaluarsa (expired date) nya. *Jangan lupa ya sis..

7. Kurangi bahkan hindari minuman bersoda dan beralkohol

Sering mengonsumsi minuman bersoda dapat mengurangi kondisi kesehatan tubuh. Saya pernah mendapatkan info di salah satu media cetak bahwa ketika sebuah uang logam dimasukkan dalam gelas yang berisi air soda hanya dengan hitungan detik uang logam itu terkikis dengan sendirinya sedikit demi sedikit. Bayangkan kalau kita sering mengonsumsi minuman bersoda tubuh kita mungkin akan seperti uang logam tadi.

8. Jangan lupa mencuci tangan
mencuci tangan dapat dilakukan setelah beraktifitas, sebelum makan dan sesudah makan. Cuci tangan menggunakan cairan antiseptin dan sejenisnya mampu meminimalisir kuman yang ada di tangan kita. Setelah itu, gunakan air yang bersih.

9. Tidak Merokok
Apa sih enaknya merokok?  Cuma menghisap asap aja? Padahal, sudah jelas kandungan-kandungan yangbada di dalam rokok itu berbahaya. Bahkan ada yang mengatakan semua zat yang yerkandung dalam rokok itu berbahaya dan tidak baik untuk kesehatan. Inget ya.. SEMUA!
Kalau menurutku sih.. lebih baik gak pernah coba rokok sama sekali daripada harus menanggung semua penyakit yang bisa mematikan sel-sel dalam tubuh.

10. Sarapan Sehat

Sarapan yang sehat ga mesti mahal asalkan cukup kebutuhan tubuh. Hindari sarapan yang bersabtan, dan bernyimak. Sarapan yang sehat disertai dengan buah dan sayur atau 4 sehat 5 sempurna.




Works Cited
AuthorLastName, FirstName. Title of the Book Being Referenced. City Name: Name of Publisher, Year. Type of Medium (e.g. Print).
LastName, First, Middle. "Article Title." Journal Title (Year): Pages From - To. Print.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar