Kamis, 29 Desember 2016

Keluarga akan selalu menjadi keluarga



Keluarga adalah tempat kita dilahirkan. Keluarga adalah tempat dimana kita berasal. Keluarga adalah anugerah terindah bagi kita semua. Keluarga menjadikan kita berharga, keluarga menjadi pangkat kita bernilai bahkan karena keluarga, ada nilai dari setiap gerak kehidupan kita. Bagaimanapun kondisi kita keluarga akan selalu menampung kita dan berdiri di samping kita.
Berbicara tentang keluarga, saya teringat dengan salah satu film animasi berasal dari negeri Paman Sam yaitu, Legends of the Guardians: The Owl of Ga’hoole. Film ini diadaptasi dari novel serial karya Katherine Laskyini mengajarkan pelajaran pentingdari arti sebuah keluarga.



Film yang disutradarai oleh Zack Snyder ini menceritakan kisah petualangan antara kak beradik, Kludd dan Soren. Soren selalu ingin menjadi anggota kelompok prajurit bersayap yang telah terlibat dallam sebuah pertempuran untuk menyelamatkan semua burung hantudari kawanan jahat yang dikenal dengan sebutan Pure Ones.  Namun kakak Soren, Kludd meragukan mimpi adiknya. Bahkan Kludd cenderung cemburu kepada Soren. Tak disangka Kludd mempunyai rencana konyol untuk mengajak Soren terbang jauh daribrumahnya. Padahal jika hal ini diketahui oleh ayah mereka, beliau pasti sangat marah.

Akhirnya Soren menuruti ajakan kakaknya. Tak jauh dari rumahnya, mereka ditemukan oleh sekelompok burung jahat. Ternyata kelompok tersebut adalah Pure Ones. Keduanya dibawa ke sebuah tempat yang bernama St. Aegolius Academy yang merupakan sebuah panti yatim piatu bagi burung hantu yang terlantar. Di luar dugaan pula, sejak lama tempat itu dijadikam seperti layaknya ‘pencucian otak’. Caranya dengan menutup mata pada bulan purnama tib seketika itu pula mereka berubah menjadi lebih patuh terhadap peraturan ketua Pure Ones yang jahat.

Mengetahui hal ini, Soren ingin berusaha melarikan diri. Berbeda dengan Kludd yang justru ‘betah”  di tempat ini. Soren berusahaeyakinkan kakaknya dan mengatakan isi dari Pure Ones yang sebenarnya. Tetapi Kludd sudah terlanjur terbuai dengan janji kepahlawanan yang diberikan oleh Sang Ketua. Lebih parahnya lagi, Kludd menyerahkan Soren beserta adik bungsu mereka, Egglantine untuk dijadikan korban ‘pencucian otak’.
Hanya karena demi harta, jabatan dan kekuasaan seseorang rela mengorbankan anggota keluarganya sendiri. Seperti yang kita ketahui keluarga merupakan harta yang tak ternilai harganya. Sikap Kludd mencerminkan haus akan jabatan sehingga tega mengorbankan angglta keluarganya sendiri. Cara apapun akan Kludd tempuh demi mendapatkan posisi tersebut. Hal ini juga sama saja menghalalkan segala cara.
Kekayaan dan kekuasaan penting bagi Seorang Muslim, lebih dikarenakan untuk membiayai dan mendukung Jihad Fi Sabilllah (Berjuang di Jalan Allah) dan menjadi senjata untuk menundukkan kejahiliyiahan, bukan untuk kepentingan pribadi, keluarga, ataupun golongan tetapi lebih untuk kepentingan dan Kemaslahatan seluruh ummat Islam di manapun berada. Karena antara seorang muslim dengan muslim yang lain adalah bersaudara. Seorang muslim harus tampil sebagai sosok figur yang terbaik dalam segala sudut kehidupan (Kuntum Khairu Ummah). Jangan sampai keluarga sendiri kita korbankan hanya demi sebuah kekayaan, harta, jabatan maupun kekuasaan. Karena keluarga tidak bisa tergantikan oleh apapun dan jangan pernah pula kita melantarkan keluarga dalam arti mengacuhkan peran keluarga itu sendiri. Baanyapelajaran yang didapatkan dari keluarga karena keluarga merupakan sekolah pertama dalam suatu perkembangan individu.
Saat tak terasa menulis blog, saya menemukan puisi sederhana namun penuh dengan makna. Berikut puisi Rindu Keluarga karya Zulfikar Aldian.

Rindu Keluarga
Oleh: Zulfikar Aldian

Selalu bercanda tawa..
Bersama-sama dalam kehangatan..
Tersenyum penuh ceria..
Sebuah keluarga yang bahagia..

Teringat akan mereka..
Hanya bermain dalam ingatan..
Menghayal yang pernah dilakukan
Ku rindu akan mereka..

Tangan yang selalu kugenggam..
Kini begitu jauh..
Tangan yang selalu ingin memeluk..
Kini begitu sulit kuraih..

Entah sampai kapan akan terpisah..
Musim selalu berganti..
Tetapi masih disini sendiri..
Namun ku tetap bersabar..
Hingga kepulangganku tiba..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar