Kamis, 29 Desember 2016

Tips meningkatkan Konsentrasi Belajar 📚


Kesulitan untuk mengingat atau menghafalkan pelajaran tidak bisa langsung dikatakan kalau seseorang itu bodoh, tetapi bisa disebabkan oleh banyak faktor yang mengganggu konsentrasi sehingga kemampuan otak untuk menerima pelajaran menjadi tidak terkonsentrasi. Karena tidak ada manusia yang bodoh hanya saja malas. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan karena bisa menjadi penyebab hingga kamu kesulitan dalam belajar:
Ada tekanan (beban) yang tidak kamu sadari sehingga menyebabkanmu sulit berkonsentrasi dalam belajar. Padahal, untuk dapat konsentrasi membutuhkan kondisi kejiwaan yang tenang, dengan jiwa yang tenang seseorang akan merasa nyaman, tidak ada beban yang mengganggu konsentrasi. Coba kamu telaah lebih lanjut beban-beban apa yang menyebabkan konsentrasi menjadi terganggu. Selesaikan masalah atau bahkan abaikan masalah anda untuk sementara, sehinggga anda tidak terganggu dengan beban yang secara tidak disadari mengganggu konsentrasi belajar. Seperti Ujian Nasional bagi sebagian siswa menjadi beban yang secara tidak sadar justru dapat menyebabkan tidak dapat konsentrasi dan memahami pelajaran dengan baik. Cobalah untuk berpikir bahwa Ujian Nasional justru menjadi motivator dalam belajar dan usahakan dalam belajar dalam kondisi yang nyaman baik dari sisi lingkiingan maupun kejiwaan anda sendiri.
Intinya belajar untuk berdamai dengan diri sendiri sehingga kamu akan tau apa yang terbaik dan buruk untuk kamu. Apabila ada sesuatu hal yang mengganggu konsentrasimu, cepat selesaikan dan temukan solusinya. Bagi yang terganggu karena gadgetnya selau bunyi, mungkin kamu bisa matikan gadget untuk smentara dan masih banyak lagi solusi yang kamu temukan agar konsentrasi belajarmu tetal terjaga.

Pahamilah kelebihan kamu dalam belajar. Maksudnya adalah bahwa sebenarnya kamu secara tidak sadar mempunyai kelebihan dalam belajar yaitu kemampuan seseorang dalam menangkap pelajaran, cobalah untuk memaksimalkan kemampuanmu sewaktu belajar hingga nantinya apa yang kamu pelajari lebih mudah memahami. Dan akan lebih efektif untuk kamu menghafal dengan cara mendengar, melihat atau memakai tanda-tanda tertentu supaya lebih mudah memahami pelajaran. Dengan menandai hal-hal yang penting, kamu dapat mengulang pelajaran sampai memahaminya.
Belajar jangan hanya sekali-dua kali saja, dalam belajar kamu membutuhkan pengulangan beberapa kali yang memungkinkan kamu bisa memahami pelajaran dengan baik. Jangan cepat merasa bosan, tetapi apabila mulai merasa bosan, kamu harus berusaha untuk merubah cara belajar maupun situasi yang dapat mendukungmu dalam memahami pelajaran. Kamu bisa mengatasi kebosanan mu dengan mendengarkan musik, sedikit cemilan kalau perlu mencoba suasana belajar baru dengan belajar di tempat-tempat yang sering kamu kunjungi seperti kafe, restaurant, perpustakaan, dll.  Dengan demikian kesulitan belajar yang kamu rasakan dapat diselesaikan dengan baik.

Selamat mencoba, semoga kamu tidak cepat merasa bosan dan semakin rajin dalam belajar.
(Sumber : http://psikologi.umk.ac.id/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar